Tumpek Uye, Koster Bakal Lepas Ratusan Ribu Hewan di Buyan 

Tumpek Uye kali ini akan dirayakan dengan Upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali.
Senin, 17 Januari 2022 08:31 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Denpasar, Gesuri.id - Gubernur Bali I Wayan Koster mengeluarkan Instruksi Gubernur bernomor 01 tahun 2022 tentang perayaan rahina Tumpek Uye yang jatuh pada Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1) nanti.

Baca:Kapitra: Pembuang Sesajen di Gunung Semeru Tidak Beragama

Tumpek Uye kali ini akan dirayakan dengan Upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali. Puncak acara akan dipusatkan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Selain kegiatan niskala, secara sekala akan diisi dengan pelepasan 100.000 ekor ikan ke Danau Buyan serta pelapasan sejumlah binatang dan burung ke kawasan Hutan Buyan.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam instruksinya terkait perayaan Tumpek Uye yang dikeluarkan pada Wraspati Wage Medangkungan, Kamis (13/1) mengungkapkan perayaan Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi ini secara niskala melakukan upacara penyucian danau dan otonan sarwa wewalungan (binatang) serta persembahyangan Tumpek Uye.

Sementara secara sekala dengan melapas 100.000 ekor ikan ke Danau Buyan, melepas berbagai binatang seperti luwak, babi hutan, kijang dan kidang ke Hutan Buyan.

Baca juga :