UMKM di Kota Surabaya Ditantang Penuhi Pasar Domestik

UMKM ditantang memenuhi pasar domestik terlebih dahulu baru setelah itu baru pasar ekspor.
Jum'at, 15 Maret 2019 14:30 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Surabaya, Gesuri.id - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi memenuhi pasar domestik terlebih dahulu baru setelah itu baru pasar ekspor.

Sebetulmya pasar kita ini besar sekali. Justru kalau orientasinya keluar, saya khawatir pasar yang besar ini diambil dari luar, kata Tri Rismaharini saat menjadi pembicara di acara Bincang Kompas tentang Tanggung Jawab Swasta Dalam Mengakselerasi UMKM yang digelar di Surabaya, Jumat (15/3).

Baca:Jeffry YakinUMKMMaluku Segera Masuki Pasar Startup

Risma menyadari pendapatan yang diperoleh cukup tinggi jika hasil produk UMKM yang terjual sampai ke luar negeri. Enaknya dapat dolar apalagi ada perbedaan kurs tinggi. Tapi ini sangat rentan sekali kena ombak sedikit saja berat. Kita memang orientasinya ke dalam negeri dulu, orang luar saja lirik kita, ujarnya.

Menurut dia, bagi para pelaku UMKM yang paling penting kualitas produk dengan harga itu sesuai. Kalau harganya rendah dan kualitasnya jelak, maka menurut Risma, produk tersebut tidak akan bisa bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

Baca juga :