Ada ”Bot Spam” di Balik Hilangnya Nama Mahfud MD di Pencarian X

Kejadian hilangnya kata kunci ”Mahfud MD” terjadi pada Kamis (25/1/2024) malam sampai Jumat (26/1/2024) pagi.
Senin, 29 Januari 2024 03:45 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id -  Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berkomunikasi dengan X (dulu Twitter) setelah ramai hilangnya pencarian kata kunci Mahfud MD di X. Dari hasil komunikasi, diketahui terdapat bot spam atau agen otomatis di setiap postingan yang selalu menyertakan kata kunci Mahfud MD, padahal tidak saling berkaitan sehingga X harus membersihkan.

Kejadian hilangnya kata kunci Mahfud MD terjadi pada Kamis (25/1/2024) malam sampai Jumat (26/1/2024) pagi. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus calon wakil presiden Mahfud MD sendiri merasa heran dengan kejadian ini. Melalui akun resminya di X, dia sempat mencuit, Wah, kok bisa ya @TwitterID ??? SELESAI.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan, per Jumat (26/1/2024), X sudah tuntas memulihkan sehingga kata kunci nama Calon Wakil Presiden 2024 itu sudah muncul lagi di pencarian di X.

Adanya bot spam itu mengganggu dinamika kampanye Pemilu 2024. Itu dipastikan bukan manusia yang melakukannya dan tidak organik. X sudah melakukan pembersihan, ujarnya.

Semuel menyampaikan, pihaknya tidak mengetahui siapa yang menggerakkan bot spam tersebut. Kemkominfo terus berkoordinasi dengan platform media sosial untuk memantau pergerakan konten disinformasi dan ujaran kebencian. Kemkominfo juga menggandeng kepolisian untuk bersama-sama menjaga ruang digital selama kampanye Pemilu 2024.

Baca juga :