Ini Kata Mahfud MD soal Menteri Tak Berhenti Saat Nyapres-Nyawapres

Mahfud: Menteri merupakan jabatan politis yang diperbolehkannya orang politik mengisi posisinya.
Kamis, 21 Desember 2023 19:12 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Menko Polhukam yang juga cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, ditanya alasan menteri tak berhenti saat maju capres atau cawapres ketika dialog di Universitas Muhammadyah Sumatra Barat. Apa kata Mahfud?

Ketika wali kota, bupati, ikut kontestasi dalam Pilkada segala macam, mereka mesti istirahat dulu, cuti. Ketika PNS mau nyaleg, mesti berhenti dulu. Tapi saya nggak tahu, apakah hukum membolehkan atau gimana, hari ini Pak Menteri masih tetap jadi Menteri walaupun sudah masa kampanye. Kenapa bisa terjadi? terima kasih, tanyanya kepada Mahfud, Minggu (17/12/2023) malam.

Mahfud menjawab bahwa Menteri dan PNS itu berbeda. Menurutnya bahwa Menteri merupakan jabatan politis yang diperbolehkannya orang politik mengisi posisinya.

Begini, menteri itu pejabat negara, PNS itu pejabat pemerintah, beda. Setiap orang jadi menteri, ada begini seharusnya orang politik nggak bisa jadi menteri, ya nggak bisa, orang berpolitik itu karena ingin menjadi menteri, ucapnya.

Mahfud lalu memberi contoh negara Inggris dan Malaysia. Kedua negara tersebut, lanjut dia, Menterinya diisi oleh orang dari partai politik.

Baca juga :