Jelang Debat Keempat, Ini yang Ditawarkan Ganjar-Mahfud untuk Transisi Energi

Diketahui, masing-masing pasangan calon (paslon) telah memiliki visi-misi terkait tema.
Kamis, 18 Januari 2024 21:30 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat keempat pilpres 2024 yang akan diikuti oleh tiga calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat kedua bagi Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD tersebut mengangkat tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Diketahui, masing-masing pasangan calon (paslon) telah memiliki visi-misi terkait tema. Salah satunya yakni paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD. Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Agus Hermanto, menuturkan TPN Ganjar-Mahfud sudah mempunyai tahapan-tahapan transisi energi.

Pertama yaitu de-dieselisasi, atau menyetop penggunaan diesel untuk pembangkit listrik. Menurut Agus Hermanto, di kawasan timur Indonesia masih terdapat banyak Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang beroperasi.

Itu harus kita hilangkan secepatnya, katanya dalam diskusi daring bertajuk Meneropong Bioenergi di Tangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Rabu (10/1).

Kedua, tidak merencanakan lagi pembuatan PLTU baru. Ketiga, mengurangi penggunaan PLTU eksisting secara bertahap.

Baca juga :