Kiai Ma'ruf: Zaken Kabinet Diisi Kader Parpol Profesional

Kiai: Tentu saja kabinet itu harus ahli. Tapi tidak berarti ahli itu bukan parpol.
Selasa, 14 Mei 2019 19:22 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Maruf Amin ikut angkat bicara prihal usulan kabinet zaken jika dirinya dan Jokowi terpilih sebagai kepala negara periode 2019-2024. Dia berpendapat, sudah selayaknya kabinet diisi oleh kalangan profesional, namun tak menutup kemungkinan adanya kader partai yang ikut mengisi kabinetnya dalam lima tahun ke depan.

Baca:SoalZaken Kabinet, Banyak Kader Parpol yang Sesuai Kriteria

Tentu saja kabinet itu harus ahli. Tapi tidak berarti ahli itu bukan parpol. Partai kan juga punya ahli, ungkap Maruf Amin di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Untuk diketahui, kabinet zaken adalah suatu kabinet yang jajaran menterinya berasal dari kalangan ahli dan bukan representasi dari suatu partai politik tertentu. Namun, menurut Maruf Amin tidak ada komposisi ideal terkait kabinet harus didominasi politikus atau profesional, sehingga hal itu dia rasa tak perlu diperdebatkan lebih jauh.

Nggak ada, politisi, partai juga bisa menugaskan anggotanya yang ahli. Jadi nggak perlu dipertentangkan itu, kata Maruf Amin.

Baca juga :