Mahfud MD Dapat Sapaan Uwa dari Seniman Sunda, Bentuk Penghormatan

Sapaan akrab dalam budaya Sunda dengan sebutan 'Uwa' disematkan oleh para pendukung, budayawan, seniman, dan generasi muda Bandung..
Rabu, 13 Desember 2023 10:41 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Ketua Bidang Keagamaan Partai Perindo, Abdul Khaliq Ahmad menilai sapaan uwa yang diberikan kepada Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, merupakan suatu penghormatan.

Sebelumnya, Cawapres pendamping Capres Ganjar Pranowo itu mendapat julukan atau sapaan akrab dalam budaya Sunda dengan sebutan Uwa yang disematkan oleh para pendukung, budayawan, seniman, dan generasi muda Bandung.

Tentu ini adalah sebuah penghormatan dan apresiasi masyarakat Sunda khususnya Jawa Barat pada umumnya terhadap Mahfud MD yang dinilai sangat pantas untuk mendapatkan panggilan uwa, kata Abdul Khaliq kepada wartawan, Selasa (12/12/2023).

Menurut Abdul -- yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat II ini -- mengatakan, panggilan uwa merupakan simbol penghormatan terhadap orang yang dituakan dalam suku Sunda. Selain itu, sebutan uwa juga memiliki nilai yang sifat universal.

Sebutan Uwa itu jauh lebih terhormat ketimbang sebutan-sebutan lain dalam bahasa Sunda misalnya Mang atau Kang, karena Mang itu konotasinya ditunjukkan kepada mereka yang biasa berdagang dan Kang itu terlalu normatif dan sifatnya umum, jelasnya.

Baca juga :