Peduli Buruh, Pemprov Jateng Upayakan Lengkapi Fasilitas

Fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Pemprov Jateng tersebut cukup diapresiasi oleh para buruh.
Minggu, 24 November 2019 08:17 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah peduli dengan kesejahteraan para buruh. Hal ini dibuktikan dengan diberikannya sejumlah fasilitas kepada buruh.

Fasilitas itu antara lain transportasi murah Rp1.000 dengan moda transportasi umum Trans Jateng. Saat ini, sudah ada tiga koridor Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng yang beroperasi, yakni rute Semarang-Bawen, Purwokerto-Purbalingga dan Semarang-Kendal. Dalam waktu dekat, beberapa jalur lain akan segera dilayani transportasi nyaman dan murah ini.

Selain itu, sejumlah rusunawa khusus untuk buruh juga sudah dibangun di provinsi ini. Di antaranya Rusunawa Jrakah Kota Semarang, Rusunawa Gedanganak Kabupaten Semarang, Rusunawa Tempuran dan Gunung Pring di Magelang serta Rusunawa Mojosongo di Boyolali.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, sebenarnya banyak buruh yang menuntut upah tinggi karena ada banyak persoalan di belakang mereka. Dia pernah menanyakan, ternyata ada banyak hal yang membuat mereka khawatir tidak dapat memenuhi dengan upah yang minim.

Saya tanya, apa problemnya?. Ternyata soal kesehatan, perumahan, transportasi, pendidikan menjadi faktor utama. Maka negara harus hadir dan melakukan intervensi, kata Ganjar di Semarang, Jumat (22/11).

Baca juga :