Peluang Ganjar 'The Next Jokowi' Mendulang Suara di AS dan Kanada Ikuti Prestasi Jokowi-Ma'ruf

Terdapat kesamaan antara Ganjar dan Presiden Jokowi dalam sifat mereka yang sederhana, berprestasi, dan dekat dengan rakyat.
Senin, 09 Oktober 2023 23:59 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Menjelang Pemilu 2024, diaspora Indonesia di Amerika Serikat dan Kanada menilai ada potensi besar bagi Ganjar Pranowo untuk mendapatkan dukungan yang kuat mengikuti jejak prestasi pasangan Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019.

Pasalnya, terdapat kesamaan antara Ganjar dan Presiden Jokowi dalam sifat mereka yang sederhana, berprestasi, dan dekat dengan rakyat, pandangan yang juga dibagikan oleh para diaspora. Beberapa di antara mereka bahkan menggambarkan Ganjar Pranowo sebagai The Next Jokowi.

Dengan data yang menunjukkan kecenderungan kuat diaspora Indonesia di Amerika Serikat dan Kanada untuk mendukung pasangan Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019, peluang bagi Ganjar Pranowo untuk meraih dukungan dari diaspora ini tampak cukup menjanjikan.

Sementara itu, pada Pilpres 2019, pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin meraih dukungan signifikan dari diaspora Indonesia di AS dan Kanada. Tercatat hasil yang mengesankan di beberapa Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Di Kanada, terdapat tiga PPLN yang secara konsisten mengunggulkan pasangan Jokowi-Maruf. Dalam rekap hasil Pemilihan Presiden 2019, di Toronto mereka memenangkan 1.549 suara dibandingkan dengan 214 suara, sementara di Ottawa mereka meraih 389 suara dibandingkan dengan 70 suara, dan di Vancouver mereka berhasil dengan 2.089 suara dibandingkan dengan 197 suara. Dengan total kemenangan yang signifikan ini, diaspora Indonesia di Kanada jelas menunjukkan dukungan kuat mereka terhadap Presiden Jokowi.

Baca juga :