Pilkada Surabaya, Risma Punya Jurus ‘Jaring Laba-Laba’ 

Siapa saja calon yang mendapat dukungan Risma otomatis mendapat tambahan angka elektabilitas sebesar 9 persen.
Sabtu, 11 Mei 2019 09:00 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Surabaya, Gesuri.id - Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempunyai jurus jaring laba -aba di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2020.

Terkait kontes internal di PDI Perjuangan Surabaya, keberadaan Risma sebagai kader partai dari birokrat bisa jadi belum mengakar di kalangan grassroot (akar rumput) PDI Perjuangan Surabaya. Namun, prestasi kerja yang memuaskan di atas 68 persen membuat tingkat kepuasan masyarakat Surabaya tinggi kepada Risma, kata Surokim di Surabaya, Sabtu (11/5).

Baca:RismaAkan Bangun Sungai Baru di Surabaya

Tak heran, lanjut dia, jika pengaruh Wali Kota Risma dalam pilkada berdasarkan hasil survei yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) per Februari 2019 bisa mencapai 9 persen. Artinya siapa saja calon yang mendapat dukungan Risma otomatis mendapat tambahan angka elektabilitas sebesar 9 persen.

Menurut dia, faktor keberhasilan ini biasanya memiliki daya sounding yang cukup signifikan ke DPP PDI Perjuangan dan pemegang otoritas PDI Perjuangan khususnya ketua umum. Itu yang membuat Risma selalu diperhitungkan dalam dinamika PDI Perjuangan Kota Surabaya, katanya.

Baca juga :