Postur Koalisi Ganjar-Mahfud Ramping, Pengamat: Sangat Mungkin Bentuk Zaken Kabinet

"Kalau bicara postur koalisi, relatif lebih ramping dibanding poros Pak Prabowo," kata pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan.
Sabtu, 13 Januari 2024 21:45 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id- Konsepzaken kabinetyang ingin dibentuk calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dinilai sangat mungkian diterapkan jika pasanganGanjar-Mahfudterpilih di Pilpres 2024. Sebab, koalisi partai pendukungnya lebih ramping.

Kalau bicara postur koalisi, relatif lebih ramping dibanding poros Pak Prabowo, kata pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan, Kamis (11/1/2024).

Untuk diketahui, pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura. Meski ramping, kata Yusak, Ganjar harus membuktikan bahwa dia memiliki kekuasaan penuh untuk menentukan siapa yang ada di kabinet jika terpilih di Pilpre 2024.

Dibutuhkan keberanian presiden terpilih untuk keluar dari bayang-bayang intervensi partai politik pendukung, katanya.

Dekan Fisip Universitas Pamulang ini menambahkan, konsep zaken kabinet adalah suatu kabinet yang jajaran menterinya berasal dari kalangan ahli, bukan representasi dari suatu partai politik tertentu. Namun ada celah, di mana parpol masih bisa memasukkan elite mereka di kabinet.

Baca juga :