Putri Bung Hatta Harap Mahfud MD Jalankan UUD 1945 Bila Jadi Wapres

Meutia:Jadi norma budaya nasional adalah UUD 1945, saya berharap semua presiden dan wakil presiden menjalankan itu.
Rabu, 03 Januari 2024 00:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Putri Wakil Presiden (Wapres) ke-1 RI Mohammad Hatta (Bung Hatta), Meutia Farida Hatta berharap calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md dapat menjalankan UUD 1945 dengan baik bila terpilih sebagai Wakil Presiden RI berikutnya.

Kami berharap apa yang sudah dibangun para pendiri negara, termasuk Bung Karno dan Bung Hatta, para pendiri negara sudah menetapkan apa yang harus dilakukan dengan UUD 1945 dengan nilai budaya nasionalnya Pancasila. Jadi norma budaya nasional adalah UUD 1945, saya berharap semua presiden dan wakil presiden menjalankan itu, ujar Meutia di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, Selasa (2/1).

Menurutnya, Presiden Pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden Pertama RI Mohammad Hatta sekaligus proklamator kemerdekaan bersama para pendiri negara Indonesia lainnya telah menetapkan UUD 1945 dengan nilai-nilai di dalamnya untuk dijalankan.

Kendati demikian, semua itu masih belum berjalan dengan sempurna, sebab masih ada gangguan politik yang menghalangi berjalannya semua nilai itu.

Selalu ada gangguan politik, terutama gangguan konsep, seperti prinsip kapitalisme, komunisme itu mengganggu apa yang ditetapkan di dalam isi dari UUD 1945. Nah kalau apa yang ditetapkan para pendiri negara dan tentunya juga oleh Soekarno dan Bung Hatta itu dijalankan baik-baik, Indonesia akan jauh lebih jaya, katanya.

Baca juga :