Soal Hak Angket Pemilu Curang, PDI Perjuangan Sebut Ada Tekanan Hukum yang Bikin Megawati Belum Beri Arahan

Ibu Megawati lama putuskan hak angket, Bukan perhitungan, tapi tekanannya, tekanan hukumnya kan kuat sekali.
Kamis, 25 April 2024 06:00 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Belum bergulirnya hak angket DPR soal kecurangan pemilu oleh PDI Perjuanganselaku pemilik suara terbesar di DPR, ternyata karena ada alasan tersendiri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya belum menggulirkan hak angket mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024 karena banyaknya tekanan hukum.

Karenanya Hasto membantah anggapan yang menyebut bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri adalah orang yang perhitungan sehingga tidak kunjung menginstruksikan bergulirnya hak angket kecurangan pemilu di DPR.

(Ibu Megawati lama putuskan hak angket) Bukan perhitungan, tapi tekanannya, tekanan hukumnya kan kuat sekali. Kan kalau orang ditekan, ada respons yang berani menghadapi tekanan, ada juga yang takut, kita juga maklum, kata Hasto dalam acara diskusi bertajuk Sing Waras Sing Menang, Sabtu (30/3).

Hasto mencontohkan, salah satu tekanan tersebut adalah wacana revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3) untuk merebut kursi ketua DPR dari PDI Perjuangan.

Baca juga :