Teras Usulkan APBN Biayai Penyelenggaraan Pilkada

Pembiayaan tersebut sebagai salah satu upaya memperlancar proses penganggaran dalam kerja-kerja penyelenggaraan pilkada.
Selasa, 19 Januari 2021 19:51 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Palangkaraya, Gesuri.id - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyebut Komite I DPD RI telah membuat usulan secara resmi kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu agar biaya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di seluruh Indonesia sepenuhnya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pembiayaan langsung ditanggung APBN tersebut sebagai salah satu upaya memperlancar proses penganggaran dalam kerja-kerja penyelenggaraan pilkada di seluruh Indonesia, kata Narang di Palangka Raya, Kalteng, Selasa (19/1).

Usulan itu memang saya yang sampaikan dalam rapat Komite I dengan KPU dan Bawaslu secara terpisah di hari yang sama. Harapannya usulan itu dapat ditindaklanjuti sebagai sebuah langkah perbaikan manajemen Pilkada di masa mendatang, katanya.

Anggota DPD RI itu pun mengapresiasi kerja keras dari penyelenggara pilkada di seluruh Indonesia, terkhusus KPUD dan Bawaslu yang ada di Provinsi Kalteng. Sebab, sekalipun ada beberapa catatan perbaikan, secara penyelenggara Pilkada di Kalteng telah berhasil memberikan dedikasi-nya bagi perbaikan demokrasi di daerah.

Baca:Menuju 2024, PDI Perjuangan Cilacap Gelar Konsolidasi

Baca juga :