Tiga Faksi PDI Perjuangan Ini Tentukan Dinamika Pilkada 2020

Tiga faksi tersebut Tri Rismaharini, Bambang Dwi Hartono, dan Whisnu Sakti Buana.
Jum'at, 10 Mei 2019 18:19 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Surabaya, Gesuri.id - Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menilai tiga faksi di PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 akan menentukan dinamika Pilkada Surabaya 2020.

Dalam Pilkada Surabaya kandidat yang diusung PDI Perjuangan akan punya peluang lebih besar dan pertarungan faksi-faksi dalam PDI Perjuangan di Surabaya akan kian menarik, kata Surokim di Surabaya, Jumat (10/5).

Baca:Politik Uang yang Masif di Aceh Menangkan Prabowo-Sandi

Menurut dia, tiga faksi di PDI Perjuangan tersebut yakni faksi Tri Rismaharini (Wakil Wali Kota Surabaya), faksi Bambang Dwi Hartono (Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan sekaligus mantan Wali Kota Surabaya) dan Whisnu Sakti Buana (Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya).

Tiga faksi itu yang akan menentukan, antara faksi Wishnu representasi partai, Risma kader birokrat dan Bambang Dwi Hartono representasi dari PDI Perjuangan kultural. Kontestasi dan relasi antarketiga faksi itu yang akan menentukan dinamika Pilkada Surabaya, katanya.

Surokim mengatakan ketiga faksi tersebut sebenarnya sama-sama kuat dalam hal akses ke DPP PDI Perjuangan, khususnya ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Meski demikian, lanjut dia, Wishnu sedikit punya keuntungan dengan pasukan struktural partai.

Baca juga :