Ulama Pidie: Tak Haram Pilih Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Sama sekali tak haram memilih pasangan calon nomor urut 01.
Jum'at, 08 Maret 2019 22:46 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Pidie, Gesuri.id - Para ulama dan pimpinan dayah atau pondok pesantren di Kabupaten Pidie, Aceh, meminta agar masyarakat tak termakan fitnah bahwa Jokowi-KH Maruf Amin adalah pasangan yang haram untuk dipilih. Ditegaskan, sama sekali tak haram memilih pasangan calon nomor urut 01 itu.

Seperti disampaikan Pimpinan Dayah Ikramul Fatah, Tengku Muzakir Al Wahab, secara hukum Islam, pasangan Jokowi-KH Maruf Amin bukanlah pasangan yang haram untuk dipilih.

Menurut dia, dari segi dhohir, atau keislaman lahiriyah, Jokowi tak perlu diragukan. Sejak lahir telah memeluk agama tersebut. Sehingga hoaks haram memilih Jokowi tak punya landasan, dan masyarakat Aceh diyakini tidak termakan kebohongan itu.

Apalagi, jika melihat wakil yang dipilih Jokowi untuk mendampinginya di pemilihan presiden 2019. Menurut Muzakir, KH Maruf Amin adalah ulama besar dengan dasar ilmu Islam yang kuat. Fakta ini semakin menggerus hoaks yang ditebarkan.

Jadi tidak haram, karena kan dia (Jokowi-Maruf) orang Islam, kata Tengku Muzakir, kepada wartawan di sela Safari Kebangsaan X, di Pidie, Jumat (8/3).

Baca juga :