Ikuti Kami

Gembong Peringatkan Partai Pengusung Segera Tentukan Cawagub

Kekosongan jabatan wagub DKI bisa memengaruhi pelayanan pada warga Ibu Kota.

Gembong Peringatkan Partai Pengusung Segera Tentukan Cawagub
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.

Jakarta, Gesuri.id - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, meminta kepada dua partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera untuk segera mencari pengganti Sandiaga Uno. 

Baca: Sosok Wagub DKI yang Bersih versus Barter PolitikPengusung

Ia khawatir jika kekosongan di jabatan wagub DKI bisa memengaruhi kerja dalam memberikan pelayanan kepada warga Ibu Kota.

"Kan bisa segera dibahas, sebab kalau terlalu lama ada kekosongan, di masyarakat, pelayanan bisa berkurang. Harapan kami dengan waktu sesingkat-singkatnya bisa dilakukan penjaringan dan penyaringan oleh partai pengusung dan disampaikan pada gubernur, supaya gubernur juga memiliki teman untuk berbagi tugas,” ucap Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (12/10).
 
Disamping itu Gembong menegaskan, kekosongan jabatan wagub ini juga berdampak kepada kemampuan penyerapan anggaran SKPD DKI Jakarta yang hingga saat ini penyerapannya masih begitu minim.

"Kalau sendirian, gubernur berat juga, apalagi dalam konteks penyerapan kita yang sangat rendah ini. Dibutuhkan wakil gubernur yang bisa mendorong percepatan itu dan bisa membantu tugas gubernur," jelas Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta tersebut.

Gembong menjelaskan jika wagub bisa segera ditentukan dan mampu mendorong percepatan penyerapan anggaran, maka hal tersebut pun akan bisa dirasakan oleh masyarakat Ibu Kota karena ada dampak pembangunannya.

"Sehingga kue pembangunan bisa dirasakan masyarakat Jakarta. Mereka sudah menunggu itu, sudah tinggal dua bulan lagi tapi penyerapan kita masih sangat-sangat minim," sambung Gembong.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta ini juga menegaskan jika penyerapan anggaran yang tergolong rendah ini merupakan alarm bagi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk bisa mendesak partai pengusung untuk segera menentukan calon wakil gubernur sehingga DPRD bisa langsung memvoting siapa calon yang akan diusulkan.

Baca: PDI Perjuangan Belum Tentukan Pengganti Sandiaga Uno

"Ini lampu kuning bagi Pak Gubernur untuk mendorong dan melakukan komunikasi dengan partai pengusung untuk bisa segera menyodorkan dua nama dan bisa diselesaikan," pungkasnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno memilih mundur dan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto yang akan maju sebagai calon presiden (capres) pada bursa pemilihan presiden pada 2019.

Quote