Ikuti Kami

Partai Besar dan Menang, Megawati Tetap Didaulat Jadi Ketum 

Tjahjo: Semua teman-teman Ketua DPD se-Indonesia sudah meminta.

Partai Besar dan Menang, Megawati Tetap Didaulat Jadi Ketum 
Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga Politikus senior PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan kader PDI Perjuangan se-Indonesia masih sangat menginginkan Megawati Soekarnoputri tetap memimpin partai berlambang banteng di periode berikutnya. Memiliki jasa membesarkan partai berlambang banteng, serta dua periode 2014 dan 2019 berhasil duduk sebagai pemenang pemilu di Indonesia.

"Sudah diputuskan kemarin semua teman-teman Ketua DPD se-Indonesia sudah meminta, karena apa pun partai menang di bawah kempimpinan Ibu Mega," kata Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Baca: Arus Bawah Tetap Inginkan Megawati Jadi Ketua Umum

Terkait mempercepat waktu Kongres V, mantan Sekjend PDI Perjuangan itu menjelaskan agendanya tak hanya pergantian pucuk pimpinan. Ia justru menganggap sebagai bentuk konsolidasi dan evaluasi mempersiapkan pemilu 2024.

"Memasuki 2024 yang harus dipersiapkan pengurus mulai sekarang. Tapi itu konsolidasi kepengurusan ada kemudian perjanjian pengurus mulai dari pusat sampai tingkat paling bawah, penyegaran. Nah, penyegaran jangan diartikan harus mengganti ketuanya. Tidak," tuturnya.

"Saya kira pengurus pusat berhak menilai Ketua DPD, Ketua DPC, Ketua PAC sanggup nggak nanti untuk mempertahankan kemenangan partai, kemenangan pilkada untuk tahun 2024. Karena namanya partai kan harus terus bergerak, harus terus mengorganisir diri," sambungnya.

Seperti diketahui, pada Rabu (19/6), PDI Perjuangan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) secara tertutup. Salah satu agendanya terkait rencana percepatan Kongres V PDI Perjuangan yang akan digelar di Bali pada Agustus mendatang.

Baca: Kader PDI Perjuangan Masih Inginkan Megawati JadiKetum

Surat bernomor 5214/IN/DPP/V/2019 tersebut diteken oleh putra Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo sebagai Ketua DPP dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 

Kongres V sendiri sedianya digelar pada 2020, tapi dipercepat menjadi 8-10 Agustus 2019 di Bali. PDI Perjuangan terakhir kali melaksanakan kongres pada 2015. Saat itu dalam Kongres IV, secara aklamasi Megawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai ketua umum periode 2015-2020. Jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDI Perjuangan seharusnya baru berakhir pada 2020.

Quote