Ikuti Kami

PDI Perjuangan Siapkan Tim Pengacara untuk Basarah

Hasto mengatakan, persoalan hukum seperti ini bukan kali pertama menerpa PDI Perjuangan.

PDI Perjuangan Siapkan Tim Pengacara untuk Basarah
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Jakarta, Gesuri.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan PDI Perjuangan siap membela Ahmad Basarah yang diperkarakan oleh sejumlah masyarakat akibat ucapannya yang menyebut Soeharto guru korupsi. 

Hasto menyebutkan ada sejumlah advokad (pengacara, red) yang membantu Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan.

Baca: Basarah Siap Penuhi Panggilan Polda

"Sudah (siapkan tim advokad). Advoad-advokad (lain) akan membantu Pak Ahmad Basarah dan apa yang dilakukan Pak Ahmad Basarah itu kebenaran dalam politik," ujar Hasto saat ditemui di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Selasa (4/12).

Hasto mengatakan, persoalan hukum seperti ini bukan kali pertama menerpa PDI Perjuangan. Pada masa orde baru dulu, kantor partai PDI pernah diserang hingga menimbulkan korban jiwa.

"Biasa itu. Diserang aja kita pernah sama orde baru. Namanya kantor partai diserang sama pemerintahan Pak Harto saja pernah. Ketika kami diserang kami melalukan proses hukum," kata Hasto.

Dengan dilaporkannya Basarah, kata Hasto, justru menjadi pintu masuk untuk membuka skandal korupsi yang dilakukan oleh Soeharto dan kroni-kroninya. Menurutnya, ada sejumlah kasus yang menjadi sumber korupsi keluarga Cendana, misalnya seperti monopoli jeruk pontianak, monopoli cengkeh, pengadaan mobil Timor hingga yayasan Supersemar.

Baca: Pernyataan Basarah Bisa Dipertanggungjawabkan Secara Hukum

"Biarkan jadi momentum untuk dibuka sekaligus. Biar rakyat tahu siapa yang jadi poros dari korupsi," katanya

"Rakyat juga masih ingat dulu ada jeruk yang di atur di Pontianak yang diatur oleh putra putri beliau malah collapse. Cengkeh siapa yang ngatur, mobil timor, yayasan-yayasan itu semua kan korupsi," ungkap Hasto.

Quote