Ikuti Kami

Diah Minta Proses Distribusi Bantuan Sulteng Dipercepat

Diah Pitaloka mengingatkan jangan sampai adanya penumpukan bantuan.

Diah Minta Proses Distribusi Bantuan Sulteng Dipercepat
Bantuan dari Baguna PDI Perjuangan.

Palu, Gesuri.id - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Diah Pitaloka meminta pemerintah agar mempercepat proses pendistribusian bantuan di daerah terdampak gempa-tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng). Ia mengingatkan agar jangan sampai adanya penumpukan bantuan.

Baca: Baguna Turun Tangan Bantu Korban Gempa Sulteng

"Kemarin saya lihat masih banyak bantuan belum terdistribusi. Sehingga perlu dioptimalkan, dan peralatan berat seperti truk perlu ditambah. Ini harus jadi perhatian. Jangan sampai bantuan melimpah tapi korban tidak menerima," katanya, Jumat (12/10).

Diah menambahkan masih diperlukan banyak relawan dari luar daerah untuk memulihkan daerah terdampak bencana. Hingga saat ini, diketahui para korban masih menata diri usai kehilangan anggota keluarga dan harta benda. 

"Perlu banyak relawan untuk kembali memulihkan Palu. Jangan sampai kesedihan ini terlalu berlarut. Sulawesi Tengah harus bangkit," tegasnya.

Baca: Bantuan Asing untuk Gempa Sulteng Jangan Diartikan Negatif

Diah juga mengharapkan bencana alam Sulteng ini harus dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sistem peringatan dini dan perlengkapan penanganan gempa.

"Mungkin bisa dibuat perencanaan anggarannya juga dalam jangka panjang. Idealnya di tiap provinsi ada posko perlengkapan kebencanaan yang lengkap, " kata Diah.

Quote