Ikuti Kami

DPRD Cianjur Rancang Perda Khusus untuk Disabilitas

Wakil Ketua DPRD Cianjur Susilawati mengatakan saat ini fasilitas untuk penyandang disabilitas di Cianjur sangat kurang.

DPRD Cianjur Rancang Perda Khusus untuk Disabilitas
Wakil Ketua DPRD Cianjur Susilawati.

Cianjur, Gesuri.id - DPRD Cianjur, Jawa Barat mengajukan rancangan peraturan daerah khusus untuk penyandang disabilitas yang selama ini minim mendapatkan fasilitas pada berbagai tempat umum. 

Wakil Ketua DPRD Cianjur Susilawati, di Cianjur, Senin (11/2) mengatakan saat ini fasilitas untuk penyandang disabilitas di Cianjur sangat kurang khususnya di daerah perkotaan seperti tempat umum dan pusat perbelanjaan.

Baca: Hari Disabilitas Internasional, Presiden Tekankan Rasa PD

"Bisa dilihat seperti trotoar, tempat umum dan ruang publik yang lainnya di Cianjur, hampir tidak ada fasilitas untuk penyandang disabilitas dengan kebutuhan khusus," katanya pula.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama seperti warga normal pada umumnya, sehingga mereka wajib mendapatkan haknya termasuk dalam mendapatkan perlindungan hukum yang jelas.

"Kekurangan fasilitas untuk penyandang disabilitas di ruang publik, tentunya sangat menyulitkan mereka yang tidak sama dengan warga normal," katanya lagi.

Dalam waktu dekat, ujar dia, pihaknya akan mengusulkan rancangan perda khusus bagi penyandang disabilitas, karena hal tersebut merupakan tugas dari DPRD Cianjur dalam memperjuangkan hak rakyat.

Baca: Hendi: Kesuksesan Juga Hak Kaum Disabilitas

"Semoga usulan Perda ini dapat segera dibahas dalam rapat DPRD dan membentuk tim khusus dalam pelaksanaan.

Diharapkan perda khusus bagi penyandang disabilitas dapat segera terealisasi, sehingga mereka dapat menikmati haknya, kata Susi pula.

Quote