Ikuti Kami

LAM Riau Diminta Jelaskan Kriteria Gelar Tokoh Nasional

Jokowi akan menerima gelar adat dari LAM Riau. LAM Riau harus menjelaskan kriterianya agar masyarakat paham.

LAM Riau Diminta Jelaskan Kriteria Gelar Tokoh Nasional
Ilustrasi.

Pekanbaru, Gesuri.id - Politisi PDI Perjuangan, Kordias Pasaribu meminta Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menjelaskan apa alasannya pemberian gelar adat kepada Presiden Joko Widodo. Dengan demikian, Ia melanjutkan tidak ada salah paham yang berkembang di tengah masyarakat.

Baca: Ala Bung Tomo, Jokowi 'Gowes' di Bandung Lautan Sepeda

Pasalnya, pemberian gelar adat yang akan dilakukan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kepada Presiden Joko Widodo menuai kritik di tengah masyarakat Riau.

Itu karena pemberian gelar adat ini berbarengan dengan status Jokowi yang merupakan calon presiden periode 2019-2024 bersama Ma'ruf Amin. 

Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), Wan Thamrin Hasyim, Jokowi akan menerima gelar adat dari LAM Riau. Ia sudah menelisik bersama pengurus LAM Riau ke Jakarta dan menjumpai Jokowi, layak atau tidak menerima gelar adat tersebut.

Baca: Iis Sugianto: Pejabat yang Jujur, Pahlawan Masa Kini

Kordias meminta LAM Riau harus menjelaskan kriteria seorang tokoh nasional bisa mendapatkan gelar adat Riau ini agar masyarakat bisa paham.

Lebih lanjut, Kordias menuturkan pemberian gelar adat kepada Jokowi adalah hal yang mungkin saja dilakukan mengingat statusnya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Quote