Ikuti Kami

PDI Perjuangan Ingin Rakyat Sekitar Tambang Nikmati Hasil

Kehadiran pertambangan di Jawa Timur adalah berkah bagi rakyat.

PDI Perjuangan Ingin Rakyat Sekitar Tambang Nikmati Hasil
Anggota DPRD Jawa Timur dari PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan (Dapil) Tuban dan Bojonegoro, Afwan Maksum.

Surabaya, Gesuri.id - Anggota DPRD Jawa Timur dari PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan (Dapil) Tuban dan Bojonegoro, Afwan Maksum mengatakan kehadiran pertambangan di Jawa Timur adalah berkah bagi rakyat. Namun, dengan catatan, rakyat harus menikmati hasil dari tambang yang ada di sekitar wilayah tempat tinggal mereka. 

Baca: Saham Freeport, DPRD Papua Minta Pelibatan Dua Suku
 
Terkait konflik yang kerap masyarakat di sekitar area pertambangan, Afwan memiliki formulasi untuk mengatasi hal itu. Menurut Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta itu, masalah  yang kerap dihadapi industri pertambangan on shore bisa diatasi dengan cara melibatkan warga secara aktif dalam kegiatan pertambangan. 

Jadi, perusahaan tidak sekadar membeli lahan warga. “Saya kira lahan warga bisa disewa dalam jangka tertentu dengan sistem bagi hasil. Nantinya bisa dalam bentuk koperasi. Dengan begitu, warga tidak merasa tanahnya dirampas, tapi sebaliknya ada keuntungan yang mereka terima tanpa kehilangan tanah atau lahannya,” ujar Afwan, baru-baru ini. 

Anggota Komisi B yang membidangi perekonomian ini juga menilai ada potensi lapangan kerja yang besar dari keberadaan pertambangan. Karena itu,warga sekitar harus harus menjadi prioritas untuk menikmati potensi itu.

Dengan terserapnya warga sebagai pekerja di pertambangan, maka warga menerima dampak langsung dari keberadaan tambang.

Afwan pun mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur agar membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khusus pertambangan, terutama minyak dan gas (migas). Hal itu untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja yang memiliki keahlian dibidang pertambangan. Pembukaan SMK ini bisa menggunakan dana CSR dari perusahaan pertambangan.

Baca: Daryatmo Soroti Aktivitas Tambang Ilegal di Lombok Tengah

“Pertambangan ini prosesnya tidak 1 atau 2 tahun, bisa 100 tahun. Maka Pemprov harus siapkan SDM siap pakai khusus pertambangan. Karena itu perlu adanya SMK khusus pertambangan,” pungkas Politisi PDI Perjuangan ini. 

Jawa Timur memang merupakan salah satu Provinsi yang memiliki banyak wilayah pertambangan. Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur mencatat total sampai hari ini tercatat ada 39 wilayah kerja pertambangan (WKP) di seluruh wilayah provinsi ini.

Quote