Ikuti Kami

Wali Kota Risma Kembali Toreh Prestasi Inovasi Pelayanan

Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik), untuk tiga inovasi pelayanan.

Wali Kota Risma Kembali Toreh Prestasi Inovasi Pelayanan
Wali Kota Risma.

Surabaya, Gesuri.id – Pemerintah Kota Surabaya yang dipimpin Walikota Tri Rismaharini berhasil meraih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik), untuk tiga inovasi pelayanan.

Baca: Risma Dapat Penghargaan Special Mention Lee Kwan Yew Award

Ketiga inovasi pertama yakni akte lahir, kematian, perkawinan, perceraian, surat pindah datang dan pindah keluar secara online. 

Kemudian yang kedua inovasi Tahu Panas (tak takut kehujanan dan tak takut kepanasan) yang merupakan kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni melalui program rehabilitasi sosial daerah kumuh. 

Ketiga, inovasi Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda.

Menurut Menteri PAN-RB Syafruddin, dirinya berpesan agar pemerintah daerah terus membuat inovasi yang bertujuan memudahkan masyarakat.

"Yang kita selenggarakan sebuah cerminan bahwa pelayanan publik di Indonesia semakin baik, cuma selam ini publik banyak yang tidak tahu. Layanan publik yang benar benar menyentuh pada masyarakat," katanya usai acara Top 99 Sinovik di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (19/9) malam.

Ia juga berharap dengan adanya penghargaan layanan publik bisa memacu pemda sehingga membuat dunia luar bisa berkaca ke Indonesia jika layanan publik makin baik.

"Ke depan jangan selalu berkaca diluar tapi orang luar harus berkaca ke kita," harapnya.

Ia juga mengatakan para penerima penghargaan malam ini akan kembali dilombakan untuk menjadi 40 terbaik dan akan diumumkan pada November 2018 mendatang.

Baca: Raih Penghargaan KLA 2018, Ini Harapan Risma

"Nanti akan diseleksi lagi, tahun ini akan berujung 40 yang terbaik pada November bersamaan saat acara International Public Service Forum di Jakarta," tutup Syarifuddin.

Quote