Ikuti Kami

Bupati Tiwi Minta Pemutakhiran Data Pemilih Jelang 2024

"Hal ini bisa menjadi peluang antara Pemkab dan KPU untuk mensosialisasikan Pemilu ke masyarakat”.

Bupati Tiwi Minta Pemutakhiran Data Pemilih Jelang 2024
Bupati Tiwi, saat Audiensi Bersama KPU Purbalingga di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/1/2022).

Kab Purbalingga, Gesuri.id - Pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mulai disiapkan. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi, meminta kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kesbangpol, Bagian Pemerintahan, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kab. Purbalingga untuk mengagendakan persiapan tahapan Pemilu 2024.

Baca: Arteria: Saya Memohon Maaf Kepada Masyarakat Jawa Barat 

Kegiatan pemutakhiran data nantinya berkoordinasi Camat, Kades dan Lurah, untuk ikutserta mensosialisikan hal tersebut. Selain pemutakhiran, perlu dipersiapkan sosialisasi terkait tahapan Pemilu yang bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kesbangpol juga ada program pendidikan politik. Hal ini bisa menjadi peluang antara Pemkab dan KPU untuk mensosialisasikan Pemilu ke masyarakat,” tutur Bupati Tiwi, saat Audiensi Bersama KPU Purbalingga di Ruang Rapat Bupati, Rabu (19/1).

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi  DPC PDI Perjuangan Purbalingga menambahkan, tahapan terkait Pemilu 2024, baik Pilpres, Pileg, maupun Pilkada dari KPU RI masih dalam pembahasan. Ketika sudah ada penjadwalan terkait tahapan Pemilu 2024, Pemkab Purbalingga siap mengawal, agar Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Mei Nurlaela, selaku Komisioner KPU Purbalingga menjelaskan, terkait penjadwalan Pemilu 2024, masih menunggu finalisasi dari tingkat pusat. Persiapan di tahun 2022, KPU akan melakukan verifikasi partai politik (parpol).

“Ada beberapa parpol baru, yang sudah berkomunikasi, yaitu, Partai Umat, Partai Masyumi, serta Partai Gelora. Namun, untuk Partai Gelora ini belum datang ke KPU Purbalingga,” ungkapnya.

Baca: PDI Perjuangan Beri Sanksi Peringatan Kepada Arteria Dahlan 

Mei menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Purbalingga yang sudah bersinergi dengan baik dengan KPU Purbalingga. Dalam audiensi bersama Bupati Purbalingga, Mei berharap ada koordinasi berkelanjutan untuk persiapan tahapan penjadwalan Pemilu 2024.

“Rencananya kami juga ingin mengundang Ibu Bupati untuk menjadi narasumber dalam Podcast bersama KPU Purbalingga terkait Pemilu 2024,” pungkasnya.

Quote