Ikuti Kami

DPRD Dukung DKRTH Surabaya Pangkas Pohon

Hal ini perlu dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepada para pengendara kendaraan bermotor saat melintas di jalan-jalan. 

DPRD Dukung DKRTH Surabaya Pangkas Pohon
Anggota Komisi B DPRD Surabaya, Anugrah Ariyadi.

Surabaya, Gesuri.id - Anggota Komisi B DPRD Surabaya, Anugrah Ariyadi mengatakan pihaknya mendukung langkah Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Jatim melakukan perantingan menjelang musim hujan. 

Hal ini perlu dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepada para pengendara kendaraan bermotor saat melintas di jalan-jalan. 

Baca: DPP PDI Perjuangan Akan Evaluasi Kinerja Risma

"Kami berharap tidak terjadi pohon tumbang saat kondisi jalan ramai sehingga tidak ada kerugian yang terjadi akibat pohon tumbang," kata politisi PDIP ini.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap DKRTH Surabaya lebih aktif memantau kondisi pohon yang ada di sejumlah kawasan Surabaya.

"Lebih baik meminimalisir dulu mana pohon yang sekiranya perlu dilakukan perantingan segera," katanya.

DKRTH Kota Surabaya, Jatim mengoptimalkan perantingan pohon di sejumlah jalan-jalan protokol menjelang musim hujan pada 2018.

Kabid Ruang Terbuka Hijau dan PJU DKRTH Kota Surabaya, Hendrik Setyanto, di Surabaya, Jumat, mengatakan pihaknya rutin melakukan kegiatan perantingan pohon di setiap sudut-sudut Kota Surabaya.

"Tapi setiap harinya, kami memprioritaskan perantingan di jalan-jalan protokol yang pohonnya lebat dan tinggi," katanya.

Baca: Ribka Imbau Jasindo Proaktif Cek Kesehatan Anggota Dewan

Hanya saja, lanjut dia, perantingan yang dilakukan petugas DKRTH di jalan-jalan setiap harinya dilakukan pada jam-jam tertentu yakni pagi hari atau pada saat lalu lintas tidak padat.

"Ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas pada saat perantingan," ujarnya.

Menurut dia, jika pohon yang dibiarkan rimbun terlalu lama, maka ranting-ranting pohon dikhawatirkan bisa berbahaya karena tumbang pada saat ada angin kencang.

Quote