Ikuti Kami

DPRD Palangkaraya Minta Wali Kota Evaluasi Kinerja Pejabat

Evaluasi ini untuk memetakan kemampuan setiap pejabat serta memastikan pejabat yang dibebani amanah sanggup melaksanakan tugasnya.

DPRD Palangkaraya Minta Wali Kota Evaluasi Kinerja Pejabat
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto.

Palangkaraya, Gesuri.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta wali kota yang baru dapat mengevaluasi kinerja pejabat di pemerintah kota setempat.

"Evaluasi ini untuk memetakan kemampuan setiap pejabat serta memastikan pejabat yang dibebani amanah sanggup melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Dengan begitu program pembangunan pun akan sesuai target," kata Sigit saat dikonfirmasi dari Palangkaraya, Sabtu, (13/10).

Baca: DPRD Palangkaraya Sahkan Perubahan Tata Tertib

Menurut Sigit, bila perlu setiap pejabat yang menempati suatu instansi membuat surat pernyataan dan komitmen kesanggupan melaksanakan tanggung jawab sesuai target yang dibebankan.

Bila ternyata nantinya capaian target jauh dari harapan maka bersedia dan siap dilakukan penyegaran posisi.

"Apalagi Wali Kota Palangkaraya periode 2018-2023 ini memiliki program "one year one inovation" atau satu tahun satu inovasi untuk setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)," kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Program tersebut memerlukan dukungan dan komitmen dari pejabat yang ada.

"Saya yakin karena wali kota saat ini masih muda, tentu memiliki semangat dan kreatifitas tinggi serta ketegasan demi kemajuan pembangunan daerah," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin menjelaskan salah satu tujuan program "one year one inovation" ialah meningkatkan pelayanan masyarakat, perbaikan administrasi serta dalam rangka menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca: DPRD Palangkaraya Minta Pemkot Maksimalkan Serapan Anggaran

Selain itu, melalui program itu diharapkan ditemukan strategi peningkatan investasi serta dapat mengurangi kesenjangan pembangunan antara daerah perkotaan dan daerah pinggiran.

"Kami berkomitmen melaksanakan pembangunan sesuai visi-misi. Kami terus mengingatkan pejabat, tidak usah banyak-banyak, minimal satu SOPD dalam satu tahun satu inovasi sudah cukup," katanya.

Quote