Ikuti Kami

Ini Cara Pemkab Bangka Memaknai Hari Pahlawan

Pemerintah Kabupaten Bangka memperingati Hari Pahlawan bertemakan "Semangat Pahlawan Di Dadaku" untuk mengenang jasa pahlawan.

Ini Cara Pemkab Bangka Memaknai Hari Pahlawan
Bupati Bangka, Mulkan.

Sungailiat, Gesuri.id - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperingati Hari Pahlawan bertemakan "Semangat Pahlawan Di Dadaku" untuk mengenang peristiwa jasa para pejuang kemerdekaan.

"Peringatan Hari Pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini dilakukan juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di luar negeri," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Sabtu (10/11).

Baca: Bupati Bangka Temui Keluarga Korban Pesawat Lion Air

Dia menjelaskan di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur berjuang.

Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan NKRI yang kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

"Peringatan ini untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguatkan bahkan dapat melemahkan maha peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru Indonesia nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa.

Hari pahlawan mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat mejadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemasahlahatan diri, lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara.

Baca: Rudianto Harap Pembangunan Kabupaten Bangka Makin Merata

"Hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan," katanya.

Menurutnya mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan, selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur srategis, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Quote