Ikuti Kami

Koster Minta Bandara Ngurah Rai Tingkatkan Pelayanan

Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mengantisipasi potensi terjadinya kemacetan menjelang libur Tahun Baru 2020.

Koster Minta Bandara Ngurah Rai Tingkatkan Pelayanan
Gubernur Bali I Wayan Koster.

Denpasar, Gesuri.id – Gubernur Bali I Wayan Koster mengingatkan pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mengantisipasi potensi terjadinya kemacetan menjelang libur Tahun Baru 2020.

"Tolong untuk lebih ditertibkan titik-titik kepadatan lalu-lintas, juga alternatif-alternatif pengurai kemacetan dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan. Selalu memantau pintu tol karena juga rentan terjadi penumpukan kendaraan,” pinta Koster.

Baca: Koster Siapkan Kejutan untuk Dukung Pembinaan Bali United

Koster juga mengingatkan bahwa peningkatan angka jumlah kunjungan wisatawan yang diperkirakan lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya itu, mesti pula diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan.

“Manajemen yang biasa, harus diubah menjadi pola yang lebih baik. Mulai dari pelayanan imigrasi, bea cukai, bagasi hingga akses dari dan ke bandara semua harus mendapat perhatian khusus,” papar Koster.

Peningkatan kualitas pelayanan terhadap wisatawan ini menurutnya sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, ketidaknyamanan terhadap pelayanan yang dihadapi wisatawan akan berdampak terhadap citra pariwisata Pulau Dewata secara keseluruhan.

“Kita tidak ingin ada ketidaknyamanan yang meskipun kecil, bisa berdampak meluas terhadap citra kita sebagai destinasi wisata internasional,”  imbuhnya.

Bahkan lanjut pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini, mencontohkan  saat even IMF (International Monetary Fund) di Bali mempunyai kapasitas dan pengalaman yang memadai untuk memberikan pelayanan ekstra. Sebab dengan berbagai fasilitas dan sumber daya yang dimiliki Bali tergolong sangat baik.

“Kita sudah membuktikan bahwa kita bisa dengan baik memfasilitasi dan melayani pengunjung dari berbagai negara dengan volume yang besar. Contohnya dalam gelaran IMF  lalu. Di mana kita dapat predikat zero complaint. Untuk itu, menghadapi tahun baru ini, kita sudah semestinya mencapai kembali tingkatan tersebut. Jangan sampai ada keluhan, keterlambatan pelayanan, bagasi atau bahkan masalah kecil seperti AC (Air Conditioner) yang bisa mengganggu kenyamanan wisatawan,” terangnya.

Baca: Koster: Budaya Bagian Fundamental Bangun Karakter Bangsa

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai Herry AY Sikado mengatakan telah menyiapkan posko pelayanan dan keamanan pada sejumlah titik di seputaran bandara. 

“Kami juga berupaya meningkatkan pelayanan di berbagai aspek, serta melakukan cek berkala di seluruh sarana dan prasarana pendukung pelayanan,” katanya.

Quote