Ikuti Kami

Media Massa Mitra Kerja Utama Pemerintah

Media massa merupakan mitra kerja utama dari pemerintah yang harus terus menjalin kerja sama yang baik dalam menyosialisasikan berbagai hal.

Media Massa Mitra Kerja Utama Pemerintah
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Singkawang, Gesuri.id - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menegaskan bahwa media dan wartawan merupakan mitra kerja utama dari pemerintah yang harus terus menjalin kerja sama yang baik dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan yang dilakukan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikannya untuk memaknai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2019.

Baca: Pers Didorong Miliki Jaminan Kesehatan dan Ketenagakerjaan

"Pers adalah rekan atau teman kerjanya para publik figur, terutama kita yang dari pemerintahan," kata Tjhai, Selasa (12/2).

Karena dari pers, maka masyarakat bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan pemerintah.

"Tentu di HPN ini, apa yang sudah terlaksana selama ini dengan baik harus dijaga dan ditingkatkan," tuturnya. Saat ini, keprofesionalan wartawan yang ada di Kota Singkawang dinilainya sudah semakin baik. Dalam artian, peningkatan dari segi pemberitaan dan sebagainya sudah dianggap bagus. "Saya mengharapkan keprofesionalan ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan sehingga apa yang diberitakan itu benar-benar yang terjadi di lapangan," ujar Tjhai.

Jangan sampai, apa yang diberitakan itu dapat memancing suasana yang keruh di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, pers adalah sebagai sarana penyejuk bagi pembacanya. Jadi, itu yang sangat penting bagi peran pers untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam suatu daerah.

Baca: Presiden Jokowi Dianugerahi Medali Kebebasan Pers

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada Pers semoga makin sukses, maju dan jaya," tandas Tjhai. Sedangkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Ahyadi mengajak seluruh insan pers, khususnya yang bertugas di Kota Singkawang menjadikan peringatan HPN sebagai momentum penguatan peran jurnalis sebagai penghubung atau jembatan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital.

"Saya atas nama pribadi maupun Dinas Komunikasi dan Informatika, mengucapkan selamat HPN pada 2019 kepada seluruh rekan-rekan jurnalis terutama yang bertugas di Kota Singkawang," katanya.

Ahyadi juga mengajak insan pers untuk senantiasa menjadi salah satu garda terdepan dalam merawat semangat kebhinnekaan, menjaga semangat dan nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.

"Seluruh insan pers di Singkawang diharapkan dapat menjadi pelurus berbagai informasi hoaks yang akhir-akhir ini banyak dan dengan mudah berkembang di masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, Pers harus tetap independen dalam memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. "Bukan sebaliknya, tidak mau tahu, ataupun justru menyebarkan berita tidak benar," kata Ahyadi.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, dia berharap, seluruh wartawan berperan aktif ikut mengawal Pemilu pada 17 April 2019, khususnya di Kota Singkawang agar berlangsung aman, damai dan demokratis.

Baca: HPN 2019 Dijadikan Indikator Kemajuan Daerah

Sementara, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi memberikan ucapan selamat kepada insan Pers di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Singkawang.

"Kehadiran insan Pers sangat berperan pada tugas-tugas kepolisian selama ini. Sehingga, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat berkat kerja sama dengan para awak media, khususnya dalam pemberitaan, baik skala aktifitas maupun keberhasilan Polri dalam melayani masyarakat," katanya.

Dia menginginkan, agar hubungan antara Polri dengan insan Pers yang selama ini sudah terjalin dengan baik harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan. "Mari bersama-sama dengan satu tujuan untuk menciptakan suasana Singkawang yang aman, damai dan kondusif terlebih menjelang perayaan Cap Go Meh dan Pemilu 2019," tandas Kapolres.

Quote