Ikuti Kami

Mendagri Minta Jajaran Kesbangpol Tingkatkan Kewaspadaan

"Hidupkan kembali sistem keamanan lingkungan dengan swadaya masyarakat," ujar Tjahjo.

Mendagri Minta Jajaran Kesbangpol Tingkatkan Kewaspadaan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Gesuri.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum beserta jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh Indonesia, baik provinsi maupun kabupaten/kota lebih meningkatkan sistem kewaspadaan masyarakat melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarkat (FKDM) sampai pada tingkat kelurahan, desa, dusun,  RW/RT.

"Hidupkan kembali sistem keamanan lingkungan dengan swadaya masyarakat," ujarnya, Kamis (10/1)

Baca: Tjahjo Minta Pemda Gunakan APBD untuk Bantu Masyarakat

Perhatian khusus Tjahjo tersebut sebagai upaya deteksi dini terhadap segala bentuk gangguan dan ancaman, baik kejahatan pidana, teror, bahaya narkoba, dan identifikasi potensi bencana di lingkungan masing-masing.

"FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, dibentuk mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/ kota, sampai dengan kecamatan," terangnya.

Baca: Tjahjo: Kepala Daerah Harus Hargai Kemajemukan

Ia juga menyampaikan pentingnya peningkatan kewaspadaan masyarakat melalui forum yang ada salah satunya FKDM untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

"Melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana," papar Tjahjo.

Quote