Ikuti Kami

PAN-RB Nobatkan Hendi Jadi Pembina Pelayanan Publik Terbaik

Penilaian yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB saat ini menjadi salah satu tolak ukur pelayanan publik di Indonesia.

PAN-RB Nobatkan Hendi Jadi Pembina Pelayanan Publik Terbaik
Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Jakarta, Gesuri.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali menobatkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai Pembina Pelayanan Publik terbaik di Indonesia. Predikat ini menjadi yang ketiga diterima oleh Wali Kota yang karib disapa Hendi secara berturut-turut.

Penghargaan diberikan langsung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo di The Opus Grand Ballroom, Darmawangsa, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

Baca: Mantap, Hendi Tutup Lokalisasi Sunan Kuning Tanpa Konflik

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menuturkan jika evaluasi pelayanan publik yang dilakukan untuk memberikan asistensi pada kekurangan yang ditemukan sehingga bisa diperbaiki.

"Untuk mendorong terwujudnya clean and good governance, serta lebih kepada bagaimana pelayanan itu bermanfaat langsung bagi rakyat," tegas politisi PDI Perjuangan ini.

"Sedangkan kepada yang sudah memperoleh nilai yang baik, sebaiknya tidak terlena dan berpuas diri, karena sifat pelayanan publik selalu dinamis mengikuti kebutuhan masyarakat. Jangan berhenti, ini bukan puncak, terus kembangkan dan perluas pelayanan publik agar dapat bermanfaat langsung untuk seluruh masyarakat bukan komunitas tertentu saja," pesan Tjahjo.

Sementera itu, Hendi menyatakan jika penilaian yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB saat ini menjadi salah satu tolak ukur pelayanan publik di Indonesia.

"Terima kasih atas perhatian atas Kementrian PAN-RB, tapi bagi saya PR nya masih cukup banyak, karena meskipun hanya ada satu laporan dari masyarakat, itu sudah harus langsung menjadi bahan evaluasi," tutur Hendi.

Baca: Tingkatkan Literasi, Hendi Minta Dinas Perbanyak Buku

"Maka predikat ini justru menjadi tantangan, karena harus cocok ini antara penilaian Pan-RB dengan yang dirasakan langsung masyarakat," tandasnya.

Untuk diketahui, Hendi dinilai sukses dalam membenahi dan meningkatkan pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Semarang, RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Hal itu terbukti dari evaluasi Kementrian PAN-RB kepada tiga unit penyelenggara pelayanan publik di Kota Semarang pada tahun 2019, yang hasil penilaiannya masuk dalam kategori sangat baik.

Quote