Ikuti Kami

Presiden Ingatkan Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Presiden mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan dana desa sesuai keperluan.

Presiden Ingatkan Dana Desa Harus Tepat Sasaran
Presiden Joko Widodo menyampaikan prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Aceh, Jumat (14/12/2018). Presiden mendorong penggunaan dana desa tahun 2019 agar diprioritaskan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Pemerintah akan menganggarkan dana sekitar 70 triliun pada tahun mendatang.

Aceh, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) 2019 di Provinsi Aceh mengingatkan masyarakat setempat untuk memanfaatkannya sesuai keperluan.

"Perlu saya ingatkan agar penggunaan dana desa ini bisa fokus bisa digunakan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa, yang ada di kampung-kampung kita," kata Presiden dalam sambutannya di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (14/12).

Baca: Buktikan Janji, Winarti Bagikan 50 Laptop dan Dana Desa

Dalam acara tersebut, Presiden mengenakan pakaian kemeja putih didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo yang mengenakan pakaian batik berwarna cokelat dibalut kerudung berwarna krem.

Kepala Negara menjelaskan, aparat pemerintah desa dapat memanfaatkan DD untuk membangun infrastruktur desa seperti jalan, embung, hingga fasilitas sosial seperti posyandu.

"Pastikan bahwa yang kita bangun itu memiliki manfaat. Memiliki manfaat besar bagi rakyat kita yang ada di kampung. Jangan sampai membangun sesuatu kemudian itu tidak bermanfaat," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Presiden, DD bertujuan agar perputaran uang lebih banyak di daerah, di desa-desa.

Dengan upaya tersebut maka perekonomian di desa-desa diharapkan dapat berkembang.

"Karena semakin banyak uang yang beredar di sebuah kampung, sebuah desa, sebuah kecamatan,maka otomatis ekonomi itu akan bergerak di bawah," ujar Presiden.

Baca: Presiden Pastikan Tahun Depan Dana Desa Naik, tapi …

Kepala Negara juga mengingatkan masyarakat untuk mengembangkan perekonomian di desa melalui sektor pariwisata yang menyajikan keindahan alam.

Sejumlah pejabat yang turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko, Putro Sandjojo, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Quote