Ikuti Kami

Presiden Minta Masyarakat Teladani Nilai-Nilai dari Gus Dur

Presiden Jokowi juga mengingatkan untuk terus berdemokrasi sesuai dengan tata krama bangsa Indonesia.

Presiden Minta Masyarakat Teladani Nilai-Nilai dari Gus Dur
Presiden RI Joko Widodo saat menghadiri Haul ke- 9 Gus Dur dan konsolidasi calon legislatif PKB di Balai Sarbini, Sudirman, Jakarta, Senin (17/12). Foto; Gesuri.id/ Gabriella Thesa Widiari.

Jakarta, Gesuri.id - Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk meneladani nilai-nilai dari Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) khususnya menjelang Pemilu 2019 mendatang.

Presiden Jokowi juga mengingatkan untuk terus berdemokrasi sesuai dengan tata krama bangsa Indonesia.

Baca: Kiai Ma'ruf Mohon Dukungan Santri

Hal ini Jokowi sampaikan usai menghadiri Haul ke- 9 Gus Dur dan konsolidasi calon legislatif PKB di Balai Sarbini, Sudirman, Jakarta, Senin (17/12).

"Nilai-nilai dalam berdemokrasi, nilai-nilai dalam kemanusiaan, nilai-nilai dalam keagamaan dalam ketauhidan, banyak sekali saya kira (yang bisa ditelandani) daru beliau (Gus Dur), nilai-nilai anti diskriminasi juga," ujar Jokowi kepada awak media.

Menurut Jokowi, nilai-nilai dan ajaran-ajaran dari Gus Dur harus bisa diimplementasikan dalam budaya demokrasi politik di Indonesia. Dia juga mengingatkan agar jangan sampai budaya tata krama dan kesantunan bangsa Indonesia hilang hanya karena merebutkan kekuasaan.

"Menurut saya kita ini harus dalam berpolitik berdemokrasi bahwa tata krama itu harus dikedepankan, sopan santun dalam bertatakrama harus dikedepankan," ucap Jokowi.

"Jangan sampai budaya bangsa yang santun, yang bertata krama hilang karena perbedaan pilihan, gara-gara keinginan untuk menang, nabrak sana nabrak sini, saya kira bukan itu (budaya) Indonesia," tambahnya.

Disinggung soal beberapa program kerjanya yang dijiplak oleh kubu Prabowo-Sandi, calon presiden petahana ini tak mau ambil pusing.

Baca: Yenny Wahid Akan Ajak Mahfud MD Dukung Jokowi-Ma'ruf

"Ya nggak apa-apa dijiplak," ungkap Jokowi.

Sebelum, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai banyak program Prabowo-Sandi yang meniru program-progam milik Jokowi. Plagiat ini tak terkecuali pada program One Kyai for One Center Enterpreneurship (OK-OCE) yang dijanjikan Sandi di Jawa Timur.

Quote