Ikuti Kami

Tjahjo Tantang Pemda Berani Berinovasi

Tjahjo Kumolo mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan inovasi sekecil apapun. 

Tjahjo Tantang Pemda Berani Berinovasi
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Dalam Negerj (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan inovasi sekecil apapun. 

Hal tersebut dia katakan usai menghadiri acara "Indonesia International Smart City Expo and Forum 2019" (IISMEX) di Jakarta Conventional Centre, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

Baca: Nurdin Apresiasi Inovasi BPN Provinsi Sulsel

"Pemerintah daerah harus melakukan inovasi sekecil apapun, yang kedua pembangunannya harus terintegrasi, kemudian masyarakat juga harus dibangun mengikuti budaya baru," kata Tjahjo.

Tjahjo lantas mencontohkan budaya baru yang ia maksud seperti adanya transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) yang membudayakan masyarakat untuk disiplin dan tertib peraturan seperti mengantre.

Soal pembangunan yang terintegrasi, Tjahjo mencontohkan persoalan sampah yang perlu dikelola pemda dengan baik, salah satunya diolah hingga menghasilkan energi.

"Supaya jangan sampai menimbulkan kekumuhan dan kekotoran, misalnya," kata Tjahjo.

Soal inovasi, kata politisi senior PDI Perjuangan ini, di masa yang semakin modern dan canggih inovasi itu dapat ditunjang dan disiapkan dari beragam sumber, misalnya, inovasi teknologi dari masyarakat sendiri baik dalam maupun luar negeri.

Baca: Steven Dorong Perangkat Daerah Telurkan Inovasi Pelayanan

"Pemda secara optimal harus mampu ditunjang oleh berbagai sistem teknologi yang ada, bukan karena faktor sistem atau alatnya saja tapi bagaimana (cara) manusianya memimpin," ujar Tjahjo.

Tjahjo berharap agar Pemda tidak berhenti berinovasi meski telah membangkitkan semangat daerah.

Quote