Ikuti Kami

Wali Kota Singkawang Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Laut

Peringatan Hari Nusantara untuk meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Wali Kota Singkawang Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Laut
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Singkawang, Gesuri.id - Pemerintah Kota Singkawang mengajak seluruh masyarakat setempat untuk terus menjaga kelestarian laut dalam memaknai peringatan Hari Nusantara 2018.

"Peringatan Hari Nusantara kali ini mengangkat tema Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara Yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia. Untuk itu, penting bagi kita untuk bersama-sama menjaga kelestarian lautan yang ada di kota ini," kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Singkawang, Jumat (14/12). 

Baca: Pencemaran Laut Jadi Tantangan Daerah Kepulauan

Peringatan Hari Nusantara, katanya, untuk meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang bercirikan nusantara. 

"Oleh karena itu, segenap bangsa Indonesia wajib memperingatinya dengan cara menyelenggarakan kegiatan di setiap instansi, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah-sekolah, dan masyarakat umum," ujarnya. 

Pada Hari Nusantara tahun ini, katanya, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan melaksanakan kegiatan "restocking" di Sungai Senggang. 

"Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan yang ada di Sungai Senggang tersebut," ungkapnya. 

Kegiatan "restocking", katanya, tidak terlepas dari peringatan Hari Nusantara dalam upaya menjaga kekayaan sumber daya laut dan ikan di perairan Nusantara. 

Baca: Hasto Ajak Bangga dengan Kebudayaaan Nusantara

Ia mengatakan sebagai negara kepulauan wilayah nasional, Indonesia adalah suatu hamparan perairan laut luas dengan puluhan ribu pulau yang tersebar di dalamnya. 

Hal itu, kata dia, merupakan suatu wilayah kesatuan laut Nusantara (mare nostrum) dan pulau yang bulat dan utuh dengan wilayah udara di atasnya. Perjuangan untuk mempertahankan kepentingan nasional tersebut berujung pada pengakuan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. 

"Oleh karenanya, tidak ada alasan lain bagi kita untuk tidak memperingatinya setiap tahun, karena deklarasi tersebut mengandung makna dan arti sebagai penyatuan wilayah NKRI," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Singkawang Yusnita mengatakan peringatan Hari Nusantara dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di Kota Singkawang. Singkawang salah satu kota pesisir di Kalimantan Barat yang mana empat dari lima kecamatan di kota itu, berada di wilayah pesisir. 

Baca: Mendagri: Laut Jadi Pemersatu Bangsa

"Nelayan kita harus diberdayakan karena mereka juga merupakan pembantu dalam menjaga kedaulautan perairan Indonesia," ujarnya. Ia mengatakan kesejahteraan hidup nelayan setempat harus ditingkatkan.

"Jangan sampai nelayan Singkawang jauh tertinggal daripada nelayan yang berasal dari daerah lain di Indonesia, sehingga mereka tidak bisa bersaing dalam mendapatkan ikan dengan nilai ekonomis yang tinggi," katanya. 

Quote