Ikuti Kami

Faida Optimistis Partisipasi Pemilih Meningkat

Faida optimistis partisipasi pemilih di Jember bisa di atas 70 persen.

Faida Optimistis Partisipasi Pemilih Meningkat
Bupati Jember, Faida.

Jember, Gesuri.id - Bupati Jember Faida menargetkan partisipasi pemilih di Kabupaten Jember melebihi 70 persen pada saat pemungutan suara pemilu serentak yang digelar Rabu (17/4).

"Saya berharap partisipasi pemilih di Jember bisa di atas 70 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) karena saya melihat antusias yang cukup tinggi di sejumlah TPS," kata Faida usai mencoblos di TPS 04, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca: Masyarakat Diminta Saring Caleg Sebelum Nyoblos

Menurutnya, beberapa TPS berlomba-lomba untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan beragam cara di antaranya menyediakan hadiah bagi pemilihnya dan membuat TPS semenarik mungkin untuk mendapatkan simpati dari para pemilih.

"Di TPS 04, tempat saya memilih terdapat 'doorprize' yang disediakan oleh petugas dan saya tadi juga dapat undian hadiah. Saya senang mereka menghargai pemilih yang hadir dan apresiasi terhadap mereka," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan, sehingga diharapkan partisipasi pemilih di Jember meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya.

"Saya optimistis angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lebih besar dibandingkan sebelumnya karena tahun ini pemilu presiden dan pemilu legislatif digelar serentak, sehingga para pendukung masing-masing calon juga bersemangat untuk mengajak warga datang ke TPS," katanya.

Bupati Jember Faida bersama suami, ibu dan anaknya datang ke TPS 04 pada pukul 09.00 WIB dan menyalurkan hak suaranya secara bersamaan, bahkan mereka sempat berbincang-bincang dengan warga dan KPPS setempat.

Sementara Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief bersama keluarganya menyalurkan hak pilihnya di TPS 39 Desa Karangharjo, Kecamatan Silo.

"Kami berharap masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan jangan sampai golput karena meluangkan waktu sekitar 5 menit dapat mempengaruhi nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan," katanya.

Baca: Jokowi Minta Masyarakat 'Nyoblos' Dulu, Baru Berlibur

Bupati dan Wabup Jember bersama forum pimpinan daerah dibagi dua tim melakukan pemantauan ke sejumlah TPS di beberapa kecamatan di antaranya TPS 05 Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu, TPS 09 Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, TPS 19 Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono.

Berdasarkan data KPU Jember, jumlah DPT Pemilu 2019 sebanyak 1.863.478 pemilih yang terdiri 919.712 pemilih laki-laki dan 943.766 pemilih perempuan yang tersebar di 7.666 TPS reguler di 248 desa dan kelurahan di Kabupaten Jember, serta empat TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Jember berdasarkan daftar pemilih tambahan (DPTb).

Quote