Ikuti Kami

Jokowi Apresiasi Langkah Prabowo-Sandi Gugat ke MK

Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hendak menggugat hasil pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi. 

Jokowi Apresiasi Langkah Prabowo-Sandi Gugat ke MK
Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo saat menggelar pidato kemenangan di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5). (Foto: gesuri.id/Gabriella Thesa Widiari)

Jakarta, Gesuri.id - Calon Presiden Petahana, Joko Widodo sangat menghargai sikap kubu rivalnya yaitu pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno ya.g hendak melayangkan gugatan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca: Jokowi-Ma'ruf Janji Jaga Amanah dan Kepercayaan Rakyat

"Saya kira, saya sangat menghargai, sangat menghargai apabila Pak Prabowo dan Pak Sandi (melayangkan gugatan) ke MK," ungkap Jokowi saat ditemui di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Menurut Jokowi, mengajukan gugatan sengketa ke MK merupakan bentuk cara menempuh jalur konstitusional di dalam proses tahapan Pemilu 2019 ini. 

"Itu memang sebuah proses sesuai dengan  konstitusi sesuai dengan hukum dan UU yg kita miliki. Saya sangat menghargai," kata Jokowi.

Baca: Jokowi Bangga Masyarakat Indonesia Dewasa Berdemokrasi

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga akan menggugat hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Keputusan tersebut diambil melalui rapat internal BPN.

Direktur Advokasi dan Hukum BPN, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, segera mempersiapkan kelengkapan persyaratan gugatan tersebut. Namun, kapan gugatan akan diajukan dia belum mengungkapkan.

"Menyikapi hasil dari KPU yang sudah mengumumkan rekapitulasi nasional pada dini hari tadi, rapat (BPN) hari ini memutuskan paslon 02 akan mengajukan gugatan ke MK," ujar Sufmi di Kertanegara, Jakarta, Selasa.

Quote