Ikuti Kami

Kiai Ma'ruf Tak Butuh 'Time Keeper' Atasi Durasi Bicara

Selama ini Kiai Ma'ruf dikenal sebagai sosok ulama yang kerap berbicara dengan waktu yang cukup panjang.

Kiai Ma'ruf Tak Butuh 'Time Keeper' Atasi Durasi Bicara
Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng (Foto: Istimewa)

Jakarta, Gesuri.id - Jelang debat ketiga, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin pun mulai melakukan beberapa persiapan, salah satunya terkait durasi berbicara. Dia mengakui masih kesulitan berbicara dengan waktu yang cukup singkat.

Apalagi, selama ini dia dikenal sebagai sosok ulama yang kerap berbicara dengan waktu yang cukup panjang. Sedangkan saat debat, waktu yang disediakan per segmen hanya berkisar satu hingga tiga menit bagi masing-masing calon untuk menyampaikan visi misi dan gagasan-gagasannya.

"Nah itu yang buat ustaz itu susah. Karena kita biasanya bicara lepas satu jam,dua jam. Ketika itu dibatasi, itu yang tidak mudah. Saya musti menyesuaikan dengan waktu," ungkap Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/3).

Saat ditanya apa saja strateginya untuk mengatasi hal tersebut, Ma'ruf Amin nampak enggan membocorkannya. "Ya adalah caranya ada. Nanti caranya bagaimana liat saja nanti," katanya sembari tertawa.

Namun, Mustasyar PBNU ini mengaku tak memerlukan time keeper untuk membantunya saat debat ketiga nanti. Hal itu, kata Ma'ruf Amin, dirasa tak perlu sebab di dalam area debat sudah ada penunjuk waktu.

"Ndak (time keeper). Kan ada menitanya (di area debat), jadi kita liat aja," kata Ma'ruf Amin.

Meskipun tengah mempersiapkan diri jelang debat, Ma'ruf Amin masih menyempatkan dirinya untuk berkunjung ke sejumlah agenda di luar kota. Dijadwalkan hari ini Ma'ruf Amin akan mendatangi Kota Cilegon untuk bersilaturhmi dengan alim ulama. Dia juga dijadwalkan menghadiri Haul Sulta Ageng Tirtayasa di Serang.

"Tapi insya allah nanti malam setelah selesai lalu langsung pulang. Besok sudah aktivitas di sini lagi," katanya.

Dia menegaskan kegiatannya hari ini tidak akan mengganggu persiapannya jelang debat ketiga. Pasalnya, dia sendiri sudah banyak berdiskusi dengan sejumlah pihak.

"Persiapan debat biasa saja. Saya jalan, jalan saja. Persiapan debat ya ngobrol-ngobrol aja, nggak ada yang spesifik," imbuhnya. 

Quote