Ikuti Kami

Klarifikasi Kabar Sakit, Kiai Ma'ruf: Hanya Terkilir

Kiai Ma'ruf mengklarifikasi bahwa selama ini kakinya hanya terkilir setelah melalukan kunjungan ke beberapa kota.

Klarifikasi Kabar Sakit, Kiai Ma'ruf: Hanya Terkilir
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin (tengah depan). Foto: Gesuri.id/ Gabriella Thesa Widiari.

Jakarta, Gesuri.id - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin menjawab kegelisahan publik terkait pemberitaan dirinya yang dikabarkan sakit sampai harus dirawat di rumah sakit. 

Kiai Ma'ruf mengklarifikasi bahwa selama ini kakinya hanya terkilir setelah melalukan kunjungan ke beberapa kota.

Baca: Kiai Ma'ruf Tekankan Pilpres Jangan Politisasi Agama

"Tapi oleh dokter kemudian saya disarankan istirahat beberapa waktu supaya kaki yang terkilir itu bisa pulih. Saya sebenarnya bukan sakit. Tidak ada. Apa lagi diceritakan saya masuk rumah sakit," ungkap Ma'ruf Amin kepada awak media di kediamannya, Jalan Situbondo no 12, Menteng, Jakarta, Kamis (6/12).

"Kalau kaki terkilir jangankan orang tua, anak muda saja bisa pincang. Karena itu saya ingin mengklarifikasi, kalau saya jatuh di kamar mandi. Tidak benar itu. Kalau kena jatuh di kamar mandi, stroke itu. Ya jadi tidak benar itu," tambahnya.

Dia juga menampik kabar dirinya terlihat kurus lantaran sakit. Kiai Ma'ruf mengaku dirinya sengaja menguruskan diri (diet) karena merasa terlalu gemuk dan tidak memenuhi berat badan ideal.

"Ada juga yang mengatakan saya kurus. Memang saya menguruskan diri. Sejak 2016 dulu saya terlalu gemuk. Nah itu saya disarankan, coba kuruskan. Waktu itu berat badan saya 70 dan tinggi saya kan cuma 156. Terlalu gemuk. Oleh karena itu saya sedikit-sedikit menguruskan diri supaya lebih langsing gitu lho," ucap Ma'ruf Amin.

Meskipun disarankan untuk beristirahat sejenak dari kegiatan kampanye, namun mantan Rais Aam PBNU ini mengaku tetap menerima kunjungan-kunjungan dari berbagai elemen masyarakat di kediamannya. Dia menegaskan dirinya tak ingin berhenti berkomunikasi dengan dunia luar.

"Atas saran permintaan dokter. Dan saya walaupun memang tidak ke daerah, tidak kemana-mana, tapi saya di sini menerima berbagai delegasi. Ada yang deklarasi, ada yang dari relawan-relawan," katanya.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto juga mengatakan hal senada terkait kabar sakitnya cawapres usungannya. 

Hasto mengatakan, kaki Kiai Ma'ruf Amin terkilir saat mengunjungi Raja Ampat, Papua dalam rangka Rakernas MUI beberapa waktu lalu. 

Baca: Sorban Kesayangan Kiai Ma'ruf Dilelang untuk Korban Gempa

"Jadi isu-isu diluar yang mengatakan Kiai Ma'ruf Amin sakit itu tidak benar, saya menyaksikan sendiri," ujar Hasto.

"Saya bisa membedakan mana sakit beneran mana sakit operasi plastik," kata Hasto menyindir insiden Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu.

Quote