Ikuti Kami

Lolos di Dapil Neraka, Puti Guntur Melenggang ke Senayan

Cucu Bung Karno itu berhasil mendapatkan 139.794 suara.

Lolos di Dapil Neraka, Puti Guntur Melenggang ke Senayan
Kader PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarno.

Jakarta, Gesuri.id - KPU RI telah melakukan pleno rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu serentak 2019 untuk Provinsi Jawa Timur (Jatim).  

Baca: Mengenal Lebih Dekat Sosok Puti Guntur Soekarno

Untuk rekapitulasi suara partai politik di dapil Jatim 1 yang meliputi Surabaya-Sidoarjo, hasilnya menunjukkan kader PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarno lolos ke Senayan (DPR-RI). 

Cucu Bung Karno itu berhasil mendapatkan 139.794 suara. Angka itu menunjukkan Puti telah berhasil menjadi juara kedua di Dapil yang sering disebut neraka itu. 

Di posisi pertama ada politisi PKB Syaikhul Islam  yang meraih 140.631 suara. Sedangkan di posisi ketiga setelah Puti, ada politisi PDI Perjuangan Bambang DH yang meraih 123.906 suara.

Baca: Puti Raih Suara Terbanyak di Dapil I Jatim Surabaya-Sidoarjo

Puti sendiri menimba ilmu politiknya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Putri Guntur Soekarnoputri ini kemudian terjun menjadi politisi di PDI Perjuangan, partai politik yang berideologi Pancasila 1 Juni 1945 warisan sang Kakek, Bung Karno.

Dalam DPR-RI periode 2014-2019,  Puti mengemban amanat sebagai anggota DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan, kesehatan, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Dia pun pernah dicalonkan oleh partai untuk menjadi calon wakil gubernur Jatim mendampingi Saifullah Yusuf pada Pilkada 2018.

Quote