Ikuti Kami

MA Pupuskan Harapan Lukas Enembe Jegal Josua

MA memutus penolakan gugatan yang dilayangkan pihak Lukas Enembe-Klemen Tinal yang hendak menjegal pencalonan Josua.

MA Pupuskan Harapan Lukas Enembe Jegal Josua
Gedung Mahkamah Agung

Jakarta, Gesuri.id – Upaya calon gubernur petahana nomor urut 1 Lukas Enembe bersama wakilnya Klemen Tinal pupus sudah dalam aksi menjegal pasangan calon (paslon) nomor urut 2 John Wempi Wetipo-Habel Melkhias Suwae atau biasa disebut Josua. 

Hal ini setelah Mahkamah Agung (MA) akhirnya memutuskan penolakan permohonan kasasi dari pihak Lukas–Klemen dalam menggugat melawan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Papua untuk mendisklualifikasi kompetitornya tersebut. Artinya, putusan itu sudah final dan inkracht atau berkekuatan hukum tetap.

Baca: Josua Ingin Perbaiki RSUD Mappi Lewat Dana Otsus

Dalam putusan MA nomor 294 K/TUN/PILKADA/2018 Tahun 2018 yang terbit hari ini, tiga majelis hakim yang diketuai H Supandi sepakat menolak permohonan pengajuan kasasi gugatan Lukas-Klemen yang sebelumnya kalah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar.

Di mana, gugatan tingkat pertama dilayangkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Papua, tetapi ditolak oleh lembaga pengawas pilkada itu pada 10 Maret 2018. Kemudian pihak Lukas-Klemen lantas mengajukan banding ke PTTUN Makassar yang juga putusannya kembali ditolak.

Baca: Mengentaskan Kemiskinan, JOSUA Mau Gratiskan Uang Kuliah

Gugatan sendiri terkait penetapan Cagub John Wempi oleh KPU Papua yang diduga pihak Lukas-Klemen tidak sah lantaran dianggap mengantongi ijazah tak sah. Hanya saja setelah ditelusuri dan John melampirkan ijazah sarjana dan magister hukum dari Universitas Cenderawasih ternyata benar dan legal.

Quote