Ikuti Kami

Tangan Dingin Megawati Juga Berperan Besar

Tangan dingin Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri juga berperan besar dalam pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Tangan Dingin Megawati Juga Berperan Besar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jakarta, Gesuri.id - Tidak hanya peran Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) Budi Gunawan yang dianggap sukses dalam pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7).

Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai tangan dingin Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri juga berperan besar dalam pertemuan tersebut.

Baca: Konfercab Serentak PDI Perjuangan Jabar

"Saya menilai di sana karena ada Pak BG,  ada Pak Pramono Anung, di sana ada Pak Jokowi ada Pak Prabowo, maka kemungkinan besar yang bisa menyatukan Prabowo-Jokowi itu Megawati," ujar Hendri kepada wartawan, Senin (15/7).

Menurut Hendri, sudah bukan rahasia umum kalau Megawati memiliki hubungan baik dengan Prabowo maupun Jokowi. 

"Dengan simbol adanya Pak BG dan Pramono Anung saya rasa peran Megawati tidak bisa dikesampingkan," ujar Hendri.

Lebih lanjut, Hendri juga mengomentari misteri kelanjutan pasca rekonsiliasi khususnya yang berkaitan dengan koalisi. Dia mengatakan saat itu Jokowi masih belum tegas menyebutkan soal arah koalisi partai politik ke depannya.

Meskipun demikian, dia menyoroti juga gestur Jokowi yang terlihat lega setelah pertemuan itu berlangsung. 

Hendri menilai memang ada sebuah ganjalan bagi Jokowi yang belum bertemu dengan Prabowo sejak diputuskan menang oleh Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 

"Jadi artinya memang pertemuan kemarin itu bukanlah rekonsiliasi, tapi pertemuan sekedar mendinginkan suasana saja," kata Hendri

Sebelumnya, usai pertemuan Jokowi dan Prabowo yang diakhiri dengan makan bersama di FX Sudirman, sejumlah nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo diketahui sebagai orang yang membantu mewujudkan rekonsiliasi Jokowi-Prabowo.

Pramono pun tak menampik peran besar Budi Gunawan dalam menjembatani pertemuan kedua tokoh tersebut. Menurutnya, BG bekerja dalam diam.

Baca: Pasca Pertemuan MRT, Komitmen Politik Prabowo Ditunggu

"Ya Pak Budi Gunawan ini kan kan BIN ya, kepala BIN. Tentunya bekerja tanpa ada suara, dan alhamdulillah apa yang dikerjakan hari ini tercapai," ungkap Pramono usai pertemuan Jokowi-Prabowk di FX Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2019).

Sepanjang pertemuan Jokowi dan Prabowo dari stasiun MRT Lebak Bulus hingga FX Sudirman Senayan, BG tampak terus menempel kedua tokoh tersebut. Saat makan siang di Sate Khas Senayan, BG tampak berusaha melayani Prabowo. Dia menunduk dan mempersilakan Prabowo tetap berjalan persis di belakang Jokowi.

Quote