Ikuti Kami

Ingin Gesit dan Lincah Seperti Jokowi? Ini Jawabannya

Kebiasaan minum jamu menjadi kebisaan turun-temurun di keluarga orang nomor satu Indonesia ini.

Ingin Gesit dan Lincah Seperti Jokowi? Ini Jawabannya
Iluistrasi Keluarga Jokowi yang gemar meminum Jamu.

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Joko Widodo sebagai orang asli Jawa memiliki kebiasaan mengkonsusmsi jamu tradisional. Tak hanya itu, ternyata kebiasaan minum jamu ini pun menjadi kebisaan turun-temurun di keluarga orang nomor satu Indonesia ini.

Hal ini dibeberkan oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. "Keluarga sih biasanya jamu kalau pagi. Sebelum kerja minum jamu, bapak terutama," katanya baru-baru ini di Plaza Indonesia Jakarta Pusat.

"Saya setiap hari (minum jamu)," imbuhnya.

Baca: Mantap, Puan Resmikan Café Jamu di Sukoharjo

Bukan hanya Gibran, sang anak yang juga merupakan cucu pertama Jokowi, Jan Ethes Srinarendra ternyata juga sudah terbiasa minum jamu. Meski demikian, Gibran mengaku tidak pernah mengajari putranya untuk minum jamu.

"Enggak diajarin, ya kebiasaan saja," ujarnya.
 
Gibran menyebut, jenis jamu yang sering dikonsumsi oleh Jokowi yaitu temulawak. "Bapak kan biasanya temulawak, jamu-jamuan," ucapnya.

Sedangkan dirinya mengaku mengonsumsi jamu apa saja yang tersedia dirumah. "Kalau saya sih yang ada apa ya, saya minum," jelas dia.

Baca: Puan Yakin Jamu Berbentuk Kapsul Disukai Kaum Milenial

Sementara itu, Direktur Kesehatan Tradisional, Kemenkes, Ina Rosalina, mengatakan, konsumsi jamu merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

"Minum jamu adalah cara murah mencegah berbagai penyakit dan itu sudah biasa dilakukan oleh masyarakat," katanya dikutip dari depkes.go.id.

Quote