Bersahaja Nan Tegas, Pelajaran Berharga dari AGH Ali Yafie

Oleh: Ketua DPP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq. 
Senin, 20 Maret 2023 06:35 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Nama AGH Prof. Ali Yafie (untuk selanjutnya disingkat Ali Yafie), sudah saya kenal sejak masih duduk di Madrasah Tsnawiyah. Waktu itu sedang hangat-hangatnya dinamika Partai politik mengahadapi pemilu pertama di era Orde Baru.

Nama beliau tertera pada blanko kartu anggota partai Nahdlotul Ulama (NU), yang tersimpan seonggog di rumah, yang siap diedarkan kepada anggota baru NU. Kebetulan ayah sedang menduduki posisi sebagai salah satu Rois Syuriah NU di daerah kami, Barru Sulawesi Selatan. Pada nama Gurutta tertulis Rois Syuriah NU Suawesi Selatan.

Sekitar lima tahun kemudian, baru sempat melihat langsung sosok beliau yang tenang berwibawa dan bersahaja. Yaitu pada saat penerimaan gabungan mahasiswa baru IAIN (UIN) Alauddin Makassar di tahun 1971.

Tutur kata beliau teratur jelas dan tegas. Penulis tidak sempat berinteraksi lebih jauh dengan beliau, karena penulis kuliah di Fakultas Adab, sementara beliau sehari-harinya beraktifitas sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin.

Tidak lama kemudian pada tahun itu juga, Pemilu pertama di era Orde Baru berlangsung, beliau berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili Partai NU.

Baca juga :