Memaknai 34 Menit Ganjar Pranowo dan Najwa Shihab

Oleh: Eri Irawan, Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Surabaya.
Selasa, 04 April 2023 23:59 WIB Jurnalis - Ali Imron

Surabaya, Gesuri.id - Ganjar Pranowo menunjukkan kearifan sekaligus keteguhan sikap, sebagaimana layaknya seorang pemimpin, kader, dan murid Bung Karno. Itu diperlihatkannya dalam wawancara selama kurang lebih 34 menit dengan presenter Najwa Shihab yang diunggah di kanal Youtube sang presenter.

Ganjar dengan jelas, tegas, artikulatif, dan tidak emosional kembali menegaskan betapa pentingnya sikap untuk menolak kehadiran tim sepak bola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U20bukan menolak Piala Dunia di Indonesia, tapi menolak kehadiran Israel.

Namun Ganjar juga tidak kehilangan kearifannya sebagai sosok seorang pemimpin yang menyadari, bahwa setiap tindakan bisa membawa konsekuensi yang mungkin menyakiti pihak lain. Sebagaimana halnya tokoh pewayangan Batara Wisnu yang memiliki sifat tegas, ikhlas, pemaaf, dan tanpa pamrihGanjar kerap memakai batik bermotif tokoh ini.

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta maaf kepada para pemain Timnas U20 dan fans sepak bola Indonesia jika dianggap bertanggung jawab atas pembatalan itu. Saya betul-betul bisa memahami bagaimana perasaan adik-adik kita di Timnas U20 dan para suporter bola tentu saja. Dalam konteks ini saya meminta maaf sama mereka. Tetap semangat, tetap maju terus, katanya.

Baca juga :