Virus Dilan dan Kemenangan Politik Prof Andalan di Sulsel

Rekam jejak, kapasitas dan prestasi Prof Nurdin Abdullah dalam membentuk sistem pelayanan dan inovasi birokrasi cukup mencengangkan.
Senin, 05 Maret 2018 17:34 WIB Jurnalis - Ali Imron

APA hubungannya antara Dilan dan Prof Andalan di Pilgub Sulsel 2018? Sekilas sepertinya tidak ada hubungan bisnis dengan film Dilan 1990 yang lagi hits di jagat perfilman nasional kita. Namun, fenomena demam Dilan itulah yang lantas digunakan sebagai kendaraan utama Prof Andalan di Sulsel untuk memenangkan pertempuran di ajang pemilihan gubernur serentak yang akan digelar pada Juni mendatang.

Tak bisa dipungkiri jika demam Dilan sudah menjalar ke ranah politik nasional. Presiden Jokowi misalnya, bahkan menyempatkan diri untuk menonton film tersebut di tengah-tengah kesibukannya. Malah sempat pula beredar meme Dilan yang bertema Jokowi. Tak hanya itu saja, pasangan Gus Ipul-Puti juga menggunakan ikon Dilan menjadi salah satu program andalannya di bidang pendidikan dengan menggunakan nama program Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan).

Nantinya, lewat program Dik Dilan akan dianggarkan dana hingga Rp 1,4 triliun untuk mengcover seluruh operasional SMA/SMK di Jawa Timur tanpa dibebankan ke peserta didik. Sekaligus, memperbolehkan kembali sejumlah daerah mandiri untuk menggratiskan pendidikan masyarakatnya hingga tingkat menengah atas lagi. Dan kini, virus Dilan juga merebak ke Sulsel.

Ikon Dilan digunakan oleh kontestan Pilgub Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) untuk menggaet suara dari kalangan pemilih milenial. Berbeda dengan Jatim yang menjadikannya sebagai salah satu program unggulan, di Sulsel para relawan Prof Andalan membentuk Gerakan Relawan Dokter Bidan Prof Andalan (DILAN) yang bertujuan untuk memenangkan Prof Andalan sebagai pemimpin baru di Sulsel.

Karya nyata kepemimpinan Prof Nurdin Abdullah yang mampu menjawab amanah yang diberikan dengan cara yang manusiawi, humanis dan selalu dekat dengan rakyat serta berusaha memahami keinginan terdalam masyarakat membuat warga di Sulsel berinisiatif dalam membentuk DILAN.

Baca juga :