Basarah: Pancasila Terbukti Mempersatukan Bangsa Indonesia 

Bangsa Indonesia merayakan peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni.
Selasa, 28 Mei 2019 19:51 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengingatkan bahwa Pancasila sebagai landasan filosofi negara telah terbukti mempersatukan bangsa Indonesia dari berbagai tantangan dan gejolak.

Karena itu, bangsa Indonesia merayakan peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, kata Ahmad Basarah, di Jakarta, Selasa (28/5).

Menurut Ahmad Basarah, Keputusan Presiden (Keppres) Joko Widodo yang telah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional, berdasarkan Keppres Nomor 24 tahun 2016. Keputusan Presiden Jokowi ini memiliki dasar pijakan historis dan yuridis yang jelas, katanya.

Wakil Ketua MPR RI ini menjelaskan, dasar historis dan yuridis Harlah Pancasila, antara lain, pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945 dengan agenda tunggal khusus membahas tentang apa dasar negara Indonesia jika merdeka kelak.

Menurut dia, Bung Karno sebagai anggota BPUPK untuk pertama kalinya di depan sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 menyampaikan pandangan dan gagasannya tentang lima prinsip atau dasar bagi Indonesia merdeka, yang disebut Pancasila.

Baca juga :