Bicara Perdamaian Dunia, Megawati: Jerman saja Bisa Bersatu

Lebih lanjut, Megawati mengaku, dirinya memang sudah 'langganan' bila ada pertemuan dan konferensi mengenai perdamaian di Korea
Senin, 26 Agustus 2019 23:21 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Seoul, Gesuri.id - Presiden RI ke lima, Megawati Soekarnoputri yakin bahwa suatu saat akan terjadi reunifikasi Korea atau Korea bersatu. Apalagi pengalaman di Jerman sudah menunjukkan bahwa Jerman Barat dan Jerman Timur bisa bersatu walau dulu banyak yang melihatnya tak mungkin terjadi.

Hal itu diungkap oleh Megawati saat berbincang dengan wartawan usai tiba di Seoul, Korea Selatan, Senin (26/8/2019) malam waktu setempat. Megawati hadir di kota itu untuk menjadi salah satu pembicara utama pada DMZ International Forum on the Peace Economy.

Ketua Umum PDI Perjuangan ini mengaku sudah kerap bertemu dengan dan berkomunikasi dengan pemimpin kedua Korea. Dan memang hal yang utama, ada keinginan dari kedua belah pihak untuk melakukan sebuah hubungan kembali setelah sebelumnya terpisah .

Dan pada kenyataannya formulasi yang saya sampaikan pada Almarhum Kim Jong Il, pada waktu itu, maupun pada Presiden Korsel saat itu Roh Mo Hyun, itu sebenarnya sudah saya lihat hubungannya mendekat. Tapi kita sendiri mengerti ada perkembangan politik tersendiri, ujar Megawati.

Baca juga :