Rokhmin Ajak Kader HMI Juarai Kompetisi Global Revolusi 4.0

Daya saing bangsa penting ditingkatkan agar memenangkan persaingan global di era Revolusi Industri 4.0.
Jum'at, 31 Agustus 2018 13:34 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Jambi, Gesuri.id - Politikus PDI Perjuangan yang juga Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Rokhmin Dahuri mengajak dan mengingatkan para kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) akan pentingnya meningkatkan daya saing bangsa untuk dapat memenangkan persaingan global di era Revolusi Industri 4.0.

Baca:Puan Apresiasi Inovasi Teknologi 4.0 BMKG

Hal itu dikatakannya saat menjadi keynote speaker di acara pelantikan pengurus HMI Cabang Jambi di rumah dinas Walikota Jambi, Sabtu (25/8).

Menurut Rokhmin, untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan unggul maka pemerintah harus meningkatkan dan memperbaiki sektor kesehatan, sektor pendidikan, sektor pelatihan dan penyuluhan, serta riset dan pembangunan (RD) yang menghasilkan inovasi teknologi dan non-teknologi yang berkelas dunia.

Kapasitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kita bangsa Indonesia pun hingga kini baru berada di kelas tiga, di mana lebih dari 75 persen kebutuhan teknologinya berasal dari impor. Padahal, suatu bangsa bisa dinobatkan sebagai bangsa maju, bila kapasitas ipteknya mencapai kelas satu atau lebih dari 75 persen kebutuhan ipteknya merupakan hasil karya bangsa sendiri, ujarnya baru-baru ini.

Baca juga :